Manfaat Analisis Sumber Dan Penggunaan Kas Sebagai Alat Bantu Meningkatkan Tingkat Likuiditas Perusahaan (Studi kasus pada PT Agronesia)




  • Perkembangan perekonomian dewasa ini menunjukan perkembangan yang semakin pesat sekaligus menyebabkan meningkatnya tingkat persaingan usaha. Kondisi demikian menuntut pihak perusahaan agar dapat meningkatkan pengelolaan usahanya. Perusahaan yang kuat akan bertahan hidup sebaliknya perusahaan yang tidak mampu bersaing akan dilikuidasi atau mengalami kebangkrutan. Analisis sumber dan penggunaan kas menyediakan informasi perubahan kas selama satu periode dan memberikan alasannya mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaan-penggunaannya. Untuk mendukung analisis sumber dan penggunaan kas, digunakan analisis rasio likuiditas, yaitu rasio-rasio yang digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya yang segera harus dibayar. Rasio likuiditas dapat dihitung dengan current ratio, quick ratio, dan cash ratio. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini dilakukan pada PT Agronesia yang terletak di jalan Aceh no 30 Bandung.

    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi. Penulis melakukan wawancara/pembagian kuesioner dengan pejabat yang terkait dengan proses analisis sumber dan penggunaan kas untuk memperoleh data primer dan data sekunder dari literatur yang ada. Dengan analisis sumber dan penggunaan kas, perusahaan dapat menilai kondisi likuiditasnya. Baik-buruknya likuiditas PT Agronesia sangat tergantung pada kebijakan pengelolaan kasnya. Apabila kebijakan sumber dan penggunaan kas suatu perusahaan tidak efektif maka akan mengakibatkan likuiditas menjadi buruk dan apabila pengelolaan sumber dan penggunaan kas efektif maka dengan sendirinya akan mengakibatkan likuiditas perusahaan menjadi baik pula. Berdasarkan hasil pembahasan mengenai pelaksanaan analisis sumber dan penggunaan kas tersebut bermanfaat bagi manajemen dalam meningkatkan likuiditas perusahaan dari periode ke periode.

    FilesSizeFormatView
    bab1-2.pdf893.5Kbapplication/pdfhttp://bit.ly/90TGrK
    bab3-4.pdf1.485Mbapplication/pdfhttp://bit.ly/cD8DE7
    bab5.pdf245.1Kbapplication/pdfhttp://bit.ly/aRqGVQ
    cover.pdf101.6Kbapplication/pdfhttp://bit.ly/bAmfQk

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.