Model Komitmen Multidimensional atas Pilihan Adopsi Sistem dan Perilaku Pemraktikan




  • Model Komitmen Multidimensional atas Pilihan Adopsi Sistem dan Perilaku Pemraktikan

    (Studi Empiris di Jogyakarta)

    S u m i y a n a

    Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

    Abstrak:

    Penelitian ini memvalidasi konstruk komitmen pemakai dengan fokus sentral perilaku harapan pemilihan dan menguji pengaruhnya terhadap adopsi sistem dan perilaku pemakaiannya. Demikian juga, penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa norma personal dan norma sosial memiliki peran dalam pengaruh ke pemakaian sistem. Beserta rinciannya bahwa terdapat dua kutub, yakni identifikasi dan internalisasi sebagai komitmen afeksi dan kepatuhan sebagai komitmen berkelanjutan (Kelman’s Social Influence Theory). Kedua kutub ini juga mendorong atau memotivasi pemanfaatan pilihan penggunaan sistem.

    Kemanfaatan penelitian ini membuktikan bahwa sistem informasi tidak pernah mampu meningkatkan kinerja organisasi atau kinerja manajerial, tetapi mengisyaratkan bahwa kinerja organisasional hanya mampu terealisasi melalui identifikasi, internalisasi, dan kepatuhan atas perilaku yang telah terbawa (termaktub). Suksesnya sebuah sistem bergantung kepada harapan pilihan pemakai selama adopsi sistem dan kepada harapan pemraktikan sistem informasi yang lebih luas. Oleh karena itu, komitmen pemakai menjadi kunci pokok untuk terimplementasinya sebuah sistem informasi.

    VII. Simpulan

    Inti dari sebuah adopsi dan pemraktikan sistem bukan terletak di teori ataupun di psikologi dan di penelitian empiris, tetapi lebih menekankan ke terrealisasinya adopsi dan pemraktikan sistem informasi secara riil. Terrealisasinya adopsi dan penerapan sistem sangat bergantung ke keperilakuan manusia di dalam organisasi. Perilakunya sangat didominasi oleh keyakinan (beliefs). Keyakinan ini tiada lain terdiri dari dua jenis keyakinan, yakni keyakinan milikan diri sendiri dan keyakinan pengaruhan orang atau grup lain. Keyakinan milikan diri sendiri terdiri dari dua jenis yaitu internalisasi dan identifikasi, sedangkan keyakinan pengaruhan orang lain berwujud komitmen berkelanjutan atau kepatuhan. Kedua keyakinan ini bersatu dalam aspek konsep psikologis kognitif dan keperilakuan yang disebut komitmen. Dengan demikian, penelitian ini mampu melengkapi konseptualisasi komitmen.

    Komitmen memerankan pengaruh yang sangat vital terhadap seluruh variabel yang dikonstruksikan di dalam penelitian ini. Artinya bahwa komitmen memainkan peranan di dalam adopsi sistem dan pemraktikan sistem informasi. Terbukti bahwa komitmen, untuk ketiga faktornya yaitu internalisasi, dan identifikasi berpengaruh secara positif terhadap Mudah Penggunaan Persepsian (MPP), Kebermanfaatan Persepsian (KP), Sikap terhadap Penggunaan (STP), dan Intensi Keperilakuan (IP), dan sebaliknya kepatuhan berpengaruh secara negatif.

    (Selengkapnya silahkan download…)


    Click here to download

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.