Iklan

Penentuan Biaya Strategis Melalui Analisis ValueChain pada UMKM Galangan Kapal




  • Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember
    Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember

    Penentuan Biaya Strategis Melalui Analisis Value Chain pada UMKM Galangan Kapal

    Yanti Puji Astutie (Universitas Pancasakti Tegal)

    Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai pemegang saham. Tujuan tersebut diwujudkan dalam visi, misi and strategi. Menjadi tugas manager untuk megimplementasikan strategi dan secara efektif dapat memenangkan persaingan. Implementasi strategi membutuhkan penilaian untuk mengetahui tingkat kesuksesan manager. Untuk itu dibutuhkan sistem pengendalian dalam penilaian kinerja. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inovasi.

    Indonesia sebagai Negara berkembang memiliki kesempatan untuk menjadi Negara maju. Sumber daya alam yang melimpah akan semakin bernilai jika diolah dengan teknologi terkini. Salah satu fokus pembangunan perekonomian pemerintah pada saat ini adalah sektor kelautan dan perikanan. Pembangunan infrastruktur sehubungan dengan tol laut serta ketatnya peraturan penangkapan ikan oleh kapal asing memberikan dampak pada bisnis di sektor kelautan.

    Salah satu sektor bisnis yang terkena dampak kebijakan ini adalah usaha galangan kapal. Semakin berkembangnya bisnis perkapalan membutuhkan perusahaan pembuat kapal serta jasa servis kapal. PT Tegal Shipyard Utama (TSU) merupakan salah satu galangan kapal tertua dan cukup dikenal di Kota Tegal. Perusahaan ini masuk dalam kelompok Usaha Kecil Mikro Menengan (UMKM) diantara 8 perusahaan galangan kapal lainnya. Seiring perkembangan lingkungan bisnis, perusahaan mengalami perkembangan kebutuhan pelanggan. Agar dapat memenangkan persaingan di tengah perubahan lingkungan, dibutuhkan inovasi dan strategi yang terencana dan berbasis teori. Salah satu pilihan yang dilakukan adalah melakukan pengendalian sekaligus implementasi strategi.

    Analisis value chain memiliki keunggulan dalam menemukan di manakah keunggulan kompetitif perusahaan. Dalam rangka meningkatkan nilai pemegang saham, maka pertanyaan penelitian ini adalah: Bagaimana aplikasi analisis value chain pada PT Tegal Shipyard Utama?

    Sumber : Jurnal Akuntansi / Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember – Download

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.