PENGARUH KARAKTERISTIK TUJUAN ANGGARAN TERHADAP PERILAKU, SIKAP, DAN KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH




  • Munawar 

    Politeknik Negeri Kupang 

    Gugus Irianto dan Nurkholis 

    Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang


    Abstrak 

    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) disusun berdasarkan pendekatan kinerja, yaitu suatu sistem anggaran yang mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja atau ouput dari perencanaan alokasi biaya atau input yang ditetapkan. Berdasarkan pendekatan kinerja, APBD disusun harus pada sasaran tertentu yang hendak dicapai dalam satu tahun anggaran. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yaitu Pendekatan Kuantitatif dan Pendekatan Kualitatif. Untuk mendapatkan pengayaan pemahaman yang lebih mendalam dibalik pengaruh karakteristik tujuan anggaran terhadap perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Kupang, maka dilengkapi dengan telaah kualitatif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini akan menggunakan metode kombinasi (triangulation) dengan alat analisisnya adalah fenomenologi. Penelitian ini berusaha ingin mengetahui apakah karakteristik tujuan berpengaruh terhadap perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Kupang dalam menyusun anggaran, melaksanakan anggaran, dan pertanggungjawaban anggaran. Penelitian ini menemukan bahwa karakteristik tujuan anggaran secara simultan berpengaruh secara positif terhadap perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Kupang dengan nilai Fhitung > Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Kupang dalam penyusunan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran telah mengikuti aturan yang ditetapkan yaitu keikutsertaan staf dan masyarakat baik dalam menyusun, melaksanakan, dan pertanggungjawaban anggaran. Telaahan kualitatif mendukung hasil temuan analisis kuantitatif.
    Kata kunci: karakteristik tujuan anggaran, perilaku, sikap, dan kinerja
    ……………………………………………………….
    ………………………………………………………

    KESIMPULAN 

    Berdasarkan hasil pembahasan yang telah di kemukakan sebelumnya, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut
    1. Hasil penelitian ini secara simultan mendukung penelitian Maryanti (2002) yaitu karakteristik tujuan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku.

    2. Hasil penelitian ini mendukung hasil penelitian Maryanti (2002) yang membuktikan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari karakteristik tujuan anggaran terhadap sikap.

    3. Penelitian ini tidak mendukung hasil penelitian Maryanti (2002) yang menyatakan bahwa karakteristik tujuan anggaran tidak berpengaruh secara serentak terhadap Kinerja.

    4. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pada analisis kuantitatif (uji statistik) dengan variabel karakteristik tujuan anggaran terhadap perilaku, sikap, dan kinerja aparat pemerintah daerah Kabupaten Kupang ternyata sebatas pada pengujian hipotesis saja, sehingga hasil yang didapat dari ujian tersebut hanya di permukaan saja yaitu dengan melihat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

    (Selengkapnya silahkan download…)


    Click here to download

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.