PENGARUH PERATAAN LABA TERHADAP REAKSI PASAR….




  • PENGARUH PERATAAN LABA TERHADAP REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN INFORMASI LABA

    ( Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar LQ 45)


    ABSTRAKSI

    Perhatian investor yang sering terpusat pada informasi laba, tanpa memperhatikan prosedur yang digunakan untuk menghasilkan informasi laba mendorong manajer melakukan manajemen laba (earnings management). Salah satu tindakan manajemen atas laba yang dapat dilakukan oleh manajemen adalah tindakan perataan laba (income smoothing). Tindakan perataan laba dapat di definisikan sebagai suatu sarana yang digunakan manajemen untuk mengurangi varibialitas urut-urutan pelaporan laba relatif terhadap beberapa urut-urutan target yang terlihat karena adanya manipulasi variabel-variabel akuntansi atau riil.

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan reaksi pasar atas pengumuman laba antara perusahaan perata laba dengan perusahaan bukan perata laba. Perusahaan yang melakukan perataan laba ataupun yang tidak melakukan perataan laba bisa dideteksi dengan indeks Eckel,variabel reaksi pasar diukur menggunakan cummulative abnormal return (CAR) dan untuk menguji hipotesis akan digunakan uji independent sampel t-Test.

    Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan reaksi pasar antara perusahaan perata laba dengan perusahaan bukan perata laba.

    Download Skripsi:
    http://bit.ly/9v7XG8

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.