REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN KENAIKAN/PENURUNAN DIVIDEN




  • (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN UTILITAS PUBLIK
    DAN PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI TIDAK DIREGULASI)

    LISIA APRIANI
    Universitas Sanata Dharma

    ABSTRACT

    It has long been known that announcements of unexpected changes in dividend payments provide information affecting the market values of the companies making the change. This study compare market reactions to dividend announcements of Public Utilities vs Unregulated Industrial Firms.

    The analysis uses data from 2 Public Utilities Firms and 5 Unregulated Industrial Firms during the period 1999 – 2003. I examine stock prices 2 weeks before dividend announcement date and 2 weeks after dividend announcements date. The analysis using t-test shows that there are market respons to dividend announcements of Public Utilities.

    LATAR BELAKANG PENELITIAN

    Kebijakan dividen adalah salah satu dari persoalan yang sangat diperdebatkan di keuangan (finance). Sekolah-sekolah keuangan telah ikut serta dalam merumuskan teori untuk menjelaskan mengapa perusahaan harus membayar dividen atau tidak (Baker dan Powell, 1999). Muncul beberapa studi empiris yang mendukung dan menolak relevansi dividen. Beberapa peneliti yang menolak relevansi dividen antara lain Miller dan Modigliani (1961), Black dan Scholes (1974), Miller dan Scholes (1978), Jose dan Stevens (1989). Sedangkan beberapa peneliti lainnya yang mendukung relevansi dividen adalah Long (1978), Sterk dan Vandenberg (1990).

    Beberapa peneliti telah mengembangkan dan menguji berbagai model untuk menjelaskan perilaku dividen. Telah dilakukan survei terhadap manajer kantor pusat dan investor untuk menentukan pandangan mereka mengenai dividen. Motivasi sesungguhnya untuk membayar dividen masih merupakan teka-teki. Penelitian yang dilakukan oleh Baker dan Powel menyelidiki pandangan manajer kantor pusat di perusahaan-perusahaan Amerika mengenai tiga hal yaitu (1) hubungan antara nilai perusahaan dan kebijakan dividen (2) penjelasan mengenai relevansi dividen meliputi bird-in the hand, signaling, pemilihan pajak dan penjelasan keagenan dan (3) bagaimana perusahaan menentukan jumlah dividen yang dibayarkan. Mereka juga menguji apakah respon mengenai hal ini berbeda diantara tiga kelompok industri (manufaktur, perdagangan eceran dan utilitas).

    Memahami keyakinan manajer yang terlibat dalam penetapan kebijakan dividen mungkin memberi kontribusi terhadap pemahaman kita mengenai mengapa perusahaan membayar dividen kas. Penelitian yang dilakukan oleh Baker dan Powell ini juga memberi kontribusi terhadap riset survei mengenai kebijakan dividen. Bukti-bukti temuan menunjukkan:
    1. Sebagian besar responden yakin bahwa kebijakan dividen mempengaruhi nilai perusahaan.
    2. Responden biasanya mengatakan sangat setuju dengan pernyataan mengenai signaling explanation dari relevansi dividen.
    3. Pandangan manajer mengenai penetapan pembayaran deviden saat ini konsisten dengan yang dilaporkan oleh manajer menurut wawancara yang dilakukan oleh Litner (1956).

    4. Terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik diantara tiga industri.

    Selengkapnya bisa didownload
    (klik link di bawah ini)
    Link: www.ziddu.com

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.