STRUKTUR TEORI AKUNTANSI KEUANGAN




  • Teori akuntansi telah diartikan sebagai “ logical reasioning in the form of a set of broad principles that (1) provide a general frame of reference by wich ac-counting practice can be evaluate and (2) guide the development of new prac-tices and procedures.”

    Perkembangan lingkungan usaha yang semakin kompleks, berdampak pada semakin kompleksnya transaksi usaha. Seorang akuntan harus mampu menganalisis transaks-transaksi tersebut dan memecahkan persoalan yang berhubungan dengan akuntansi dan pelaporannya. Selanjutnya seorang akuntan harus mampu menganalisis masalah -masalah akuntansi dan pelaporan agar dapat berpartisipasi dan bertanggung jawab pada pengembang-an standar akuntansi dan pelaporannya.


    PRINSIP-PRINSIP PENGAKUAN DAN PENGUKURAN ELEMEN-ELEMEN

    Telah didefinisikan elemen-elemen daftar keuangan, ditunjukkan hubungan antar elemen-elemen, diperkenalkan daftar keuangan yang didasarkan pada elemen-elemen, dan membahas bagaimana transaksi dan peristiwa ekonomi lainnya mempengaruhi elemen-elemen di maksud. Ingat, bahwa tidak ada dikata-kata kapan elemen-elemen dicatat atau bagai-mana mengukurnya. Prinsipprinsip pengakuan (recognition) dan pengukuran (measuremen) elemen-elemen menyajikan pedoman masalah ini. Pembahasan prinsip-prinsip ini dibagi kedalam dua bahagian: (1) bahasan prinsip dasar yang mendasari pengakuan seluruh elemen, (2) bahasan mengenai prinsip-prinsip yang lebih khusus yang mendasari sistem konvensi (GAAP). Tambah-an lain, dibahas prinsip-prinsip pengakuan dan pengukuran yang dapat diper-timbangkan sebagai alternatif lain dari GAAP.

    Download Link

    (copy lalu paste di browser anda)

    http://www.myskripsi.co.cc/arsip/jurnal/j18.zip

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.