Tren Dan Variasi Intellectual Capital Disclosure Pada Perusahaan-Perusahaan Perbankan Di Eropa




  • Judul Jurnal : Tren Dan Variasi Intellectual Capital Disclosure Pada Perusahaan-Perusahaan Perbankan Di Eropa

    Penulis : Ascaryana Rafinda, Bambang Agus Pramuka, Poppy Dian Indira Kusuma (UNiversitas Jenderal Soedirman)

    Abstrak

    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengidentifikasi tren pada volume Intellectual Capital (IC) Disclosure, dan (2) untuk mengukur variasi pada volume Pengungkapan Modal Intelektual pada laporan tahunan bank yang beroperasi di Eropa. Dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel terdiri dari 6 bank dengan peringkat tertinggi dari nilai pasar di berbagai negara di Eropa. Termasuk dalam sampel adalah BNP Paribas (Prancis), Banco Santander (Spanyol), Intesa Sanpaolo (Italia), UBS (Swiss), Deutsche Bank (Jerman), dan ING Group (Belanda).

    Data dianalisis dengan menggunakan persegi tren setidaknya untuk mengidentifikasi tren Pengungkapan Modal Intelektual. ANOVA test digunakan untuk mengukur perbedaan volume Pengungkapan Modal Intelektual antar bank.

    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 5 dari 6 bank menunjukkan tren positif pada volume Pengungkapan Modal Intelektual. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada variasi pada pengungkapan modal eksternal dan manusia di antara 6 bank sementara sebaliknya untuk pengungkapan modal internal.

    Hasilnya menyiratkan bahwa standar global yang berbasis prinsip di alam dapat menyebabkan variasi dalam Pengungkapan Modal Intelektual di Bank Eropa. Ini menunjukkan bahwa regulator harus menetapkan standar untuk pelaporan sukarela untuk meminimalkan variasi pada format dan isi laporan dan akhirnya mengurangi informasi asymetry antara agen dan pelaku.

    Kata kunci: modal intelektual, modal internal, modal eksternal, modal manusia, pengungkapan, variasi, tren.

    Hipotesis

    • H1 : terdapat tren peningkatan volume Intellectual Capital Disclosure pada perusahaan perbankan di Eropa pada periode tahun 2007-2009.
    • H2 : terdapat perbedaan volume Intellectual Capital Disclosure pada kategori internal capital pada perusahaan perbankan di Eropa selama periode tahun 2007-2009.
    • H3 : terdapat perbedaan volume Intellectual Capital Disclosure pada kategori external capital pada perusahaan perbankan di Eropa selama periode tahun 2007-2009.
    • H4 : terdapat perbedaan volume Intellectual Capital Disclosure dalam kategori human capital pada perusahaan perbankan di Eropa selama periode tahun 2007-2009.

    Populasi dan Sampel

    Populasi penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan perbankan yang berada di Eropa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sebagai berikut:
    a) Perusahaan masuk dalam daftar top 20 market value di Eropa pada tahun 2010 berdasarkan European Central Bank.

    b) Perusahaan yang dipilih adalah perusahaan yang memiliki market value tertinggi di setiap negara. Hal ini dilakukan atas dasar pernyataan Abidin (2000) yang menyatakan bahwa market value terjadi salah satunya karena adanya konsep IC yang yang berperan dalam meningkatkan nilai suatu perusahaan. Pemilihan sampel seperti ini diharapkan dapat menggambarkan tingkat IC disclosure yang bervariasi dan dapat digunakan untuk mengukur perkembangan volume IC disclosure dari beberapa negara di Eropa.

    c) Perusahaan menerbitkan laporan tahunan periode 2007-2009 di website.

    [wpfilebase tag=file path=’sna14/029.pdf’ /]

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.