Good Corporate Governance (GCG) – Kinerja Keuangan – EVA




Analisis penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang Diukur dengan Economic Value Added (EVA)

( Studi Kasus Pada Beberapa Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia )



Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan Good Corporate Governance (GCG) mempunyai hubungan dengan kinerja keuangan perusahaan dengan metode Economic Value Added (EVA) sebagai pengukur kinerja keuangan perusahaan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel independen (X) dengan Economic Value Added (EVA) sebagai variabel dependen (Y). Responden adalah Akuntan Manajemen dari 10 perusahaan sektor keuangan yang listing di BEI dan telah menerapkan GCG. Metode penelitian adalah metode deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi Pearson Product Moment dengan tingkat signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil perhitungan statistik terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh koefisien korelasi sebesar untuk tahun 2004 = (0,2264); 2005 = (0,2969); dan 2006 = (-0,2063). Atas dasar korelasi tersebut dengan menggunakan uji dua pihak menghasilkan t hitung sebesar untuk tahun 2004 = (0,6573); 2005 = (0,8793); dan 2006 = (-0,6030) dengan t tabel = 2,306. Sesuai dengan kriteria penerimaan Ho jika â ttabel â ¤ thitung â ¤ ttabel . Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Good Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Economic Value added (EVA).

Jurnal Akuntansi Lainnya:  Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan


Files Size View
bab1-2.pdf 514.4Kb http://bit.ly/cyZ0qB
bab3-4.pdf 1.289Mb http://bit.ly/bHrm3W
bab5.pdf 56.55Kb http://bit.ly/diYGCB
cover.pdf 45.34Kb http://bit.ly/cGdRYp


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.