Inovasi dan Kinerja Perusahaan, Peran Sistem Informasi Akuntansi Manajemen




Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember
Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember

Inovasi dan Kinerja Perusahaan, Peran Sistem Informasi Akuntansi Manajemen

Desrir Miftah (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

Persaingan mendunia saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap organisasi. Perubahan teknologi yang cepat di lingkungan organisasi adalah salah satunya. Fungsi manajamen dituntut secara profesional mengolah sumber daya untuk meningkatkan kinerja organisasi. Pengukuran kinerja diperlukan agar manajemen dapat membuat keputusan strategis yang berhubungan dengan pencapaian kinerja yang diharapkan.

Keunggulan kompetitif sendiri sangat penting bagi setiap organisasi untuk memenangkan persaingan. Salah satu caranya adalah dengan inovasi. Inovasi merupakan proses yang memanfaatkan keterampilan dan sumber daya untuk mencapai kinerja yang maksimal. Inovasi dapat berupa pengembangan produk baru dengan membangun sistem produksi baru dan operasi sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan (Jones, 2004).

Manajemen membutuhkan informasi yang handal untuk membuat keputusan. Sistem akuntansi yang akurat dan terpercaya harus memiliki kriteria lingkup yang luas, ketepatan waktu, agregasi dan integrasi. Sistem informasi akuntansi manajemen memberikan informasi bagi manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik, dan untuk itu butuh teknologi informasi (Abernethy dan Guthrie, 1994).

Menghadapi persaingan yang kompetitif, pabrik kelapa sawit juga dituntut untuk menghasilkan kinerja yang baik, baik kinerja keuangan dan non keuangan. Untuk itu maka entitas harus memiliki competitif advantage agar dapat unggul dalam persaingan global. Competitive advantage dapat dicapai dengan memiliki strategi bersaing yang tepat. Terdapat berbagai macam strategi yang digunakan entitas, antara lain tipologi strategi prospector dan differentiation strategy yang dikemukakan oleh Porter (2008), menekankan persaingannya melalui proses inovasi serta strategi inovasi yang berkelanjutan yang dikemukakan oleh Terziovski (2002)

Meningkatnya persaingan global dan kemajuan teknologi informasi maka sangat penting bagi perusahaan manufaktur pabrik kelapa sawit (PKS) untuk menerapkan strategi inovasi didukung oleh sistem informasi akuntansi manajemen yang terintegrasi untuk mencapai kinerja perusahaan yang lebih baik. Pertanyaan yang muncul dari penelitian ini adalah bagaimana inovasi mempengaruhi kinerja perusahaan dan bagaimana peran sistem informasi akuntansi manajemen memediasi hubungan antara inovasi dan kinerja perusahaan.

Sumber : Jurnal Akuntansi / Simposium Nasional Akuntansi XX (SNA 20) Jember – Download

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.