Jurnal Akuntansi Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Moderasi Efektivitas Pengawasan Dewan Komisaris




Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XVIII Medan (SNA18)
Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XVIII Medan (SNA18)

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga meneliti hubungan kuadratik antara strategi diversifikasi dengan kinerja perusahaan. Jurnal Akuntansi ini ditulis oleh Aryo Wisnuwardhana Vera Diyanty dari Universitas Indonesia. Judul dari penelitian ini adalah

Pengaruh Strategi Diversifikasi Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Moderasi Efektivitas Pengawasan Dewan Komisaris

Penelitian ini mengambil pokok bahasan mengenai strategi diversifikasi, kinerja perusahaan serta pengawasan oleh dewan komisaris.Berikut ini merupakan ringkasan dari jurnal akuntansi atas penelitian ini:

Perusahaan merupakan suatu nexus of contract antara pemegang saham/pemilik (principal) dengan manajer (agent).Teori ini menyatakan bahwa baik pemilik maupun manajer perusahaan masing-masing ingin memaksimalkan kemakmuran dirinya masing-masing. Di sisi yang lain, pemilik mengharapkan bahwa manajer yang dipilihnya dapat memaksimalkan kemakmuran yang diperoleh pemilik. Guna memaksimalkan kesejahteraan tersebut, pemilik perusahaan meminta manajer untuk mengambil suatu keputusan strategis yang tepat sebagai upaya untuk meningkatkan nilai perusahaan bagi pemilik yang bersangkutan.

Keputusan perusahaan untuk mengimplementasikan strategi diversifikasi sendiri dapat dilihat dan dianalisis melalui dua sudut pandang.Kedua sudut pandang ini adalah resource based view dan market power theory. Resource based view melihat strategi diversifikasi sebagai aliansi strategis dari kompetensi-kompetensi inti dari berbagai skill dan teknologi yang dimiliki perusahaan. Pandangan ini mendasari konsep menjalankan strategi diversifikasi karena kompetensi, sumber daya, dan bisnis inti yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga condong kepada implementasi strategi related diversification. Di sisi yang lain, market power theory memandang bahwa perusahaan membangun keunggulannya melalui kekuatan pasar. Strategi diversifikasi menjadi respon perusahaan atas berbagai kesempatan yang ditawarkan oleh pasar melalui segmen, produk, dan teknologi yang dimilikinya.

Pages ( 1 of 5 ): 1 23 ... 5Next »

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.