Jurnal Akuntansi – Manajemen Laba, Pengungkaan Lingkungan Perusahaan dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan




tata kelola perusahaan
Tata Kelola Perusahaan

Penelitian ini diberi judul Manajemen Laba, Pengungkaan Lingkungan Perusahaan dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan. Jurnal Akuntansi ini disusun oleh Zaky Machmuddah dan ST. Dwiarso Utomo dari Universitas Dian Nuswantoro serta Muchamad Syafruddin Dulmuid dari Universitas Diponegoro.

Isu utama penilitian ini adalah tentang pengungkapan lingkungan korporasi kaitannya dengan manajemen laba dan mekanisme tata kelola perusahaan.

Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Sun et al. pada tahun 2010. Namun demikian penelitian ini memiliki beberapa perbedaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sun et al.. Perbedaan yang pertama adalah, variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, manajemen laba, pengungkapan lingkungan perusahaan, proporsi dewan komisaris independen, jumlah rapat dewan komisaris, jumlah anggota komite audit dan jumlah rapat komite audit.

Kedua, penelitian ini tidak menggunakan variabel ukuran dewan direksi (board size) sebagai pengukuran (proxy) dari mekanisme tata kelola perusahaan karena di Indonesia menerapkan sistem dua tingkat (two tierboard systems), yaitu adanya pemisahan fungsi eksekutif (direksi) dan fungsi pengawasan (komisaris).

Ketiga, penelitian ini menambahkan dua variabel moderating yang tidak digunakan oleh penelitian Sun et al., yaitu jumlah rapat dewan komisaris ( berdasarkan penelitian Xie et al. pada tahun 2003) dan jumlah anggota komite audit (berdasarkan penelitian Ho dan Wong pada tahun 2001 yang dikutip dalam Said et al., 2009), karena kedua variabel tersebut merupakan bagian dari internal mekanisme (internal mechanisms) tata kelola perusahaan.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.