Jurnal Akuntansi Kualitas Pelaporan Keuangan, Mekanisme Governance, dan Efisiensi Investasi




 Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XVIII Medan (SNA18)
Jurnal Simposium Nasional Akuntansi XVIII Medan (SNA18)

Judul dari jurnal akuntansi ini adalah “Kualitas Pelaporan Keuangan, Mekanisme Governance, dan Efisiensi Investasi”. Jurnal ini ditulis oleh Ulum Tri Handayani, Sylvia Veronica Siregar dan Elok Tresnaningsih Universitas Indonesia dan dipublikasikan dalam Simposium Nasional Akuntansi XVIII (SNA 18) yang diadakan di Medan. Tujuan penelitian dalam jurnal akuntansi ini adalah untuk menguji asosiasi antara kualias pelaporan keuangan dengan efisiensi investasi di ASEAN. Penelitian ini juga menguji peran analyst following dalam memoderasi asosiasi antara kualitas pelaporan keuangan dengan efisiensi investasi.

Beberapa penelitian telah dilakukan terkait hubungan antara kualitas pelaporan keuangan dengan efisiensi investasi. Penelitian yang dilakukan oleh Verdi pada tahun 2006 menemukan kualitas pelaporan keuangan berasosiasi negatif baik terhadap overinvestment maupun underinvestment.
Penelitian ini berbeda dari penelitian sebelumnya dalam dua hal. Yang pertama penelitian ini mengambil ASEAN sebagai objek penelitian, mengingat belum terdapat penelitian mengenai kualitas pelaporan keuangan dan efisiensi investasi di ASEAN. Kedua, penelitian ini memasukkan analyst following sebagai variabel moderasi.

Hipotesis Penelitian

H1a. Kualitas pelaporan keuangan berasosiasi negatif dengan underinvestment
H1b. Kualitas pelaporan keuangan berasosiasi negatif dengan overinvestment
H2a. Analyst following akan memperkuat asosiasi negatif antara kualitas pelaporan keuangan dengan underinvestment
H2b. Analyst following akan memperkuat asosiasi negatif antara kualitas pelaporan keuangan dengan overinvestment

Metode Penelitian

Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di bursa efek masing-masing negara di ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina selama periode 2007-2012. Pemilihan periode penelitian dimulai pada tahun 2007 dikarenakan ketersediaan data analyst following yang hanya dapat diakses sejak tahun tersebut.

Pages ( 1 of 4 ): 1 234Next »

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.