Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia




Tax minimization
Tax minimization

Jurnal akuntansi berikut ini diberi judul “Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal ini ditulis oleh Winda Hartati dan Desmiyawati Julita dari Universitas Riau. Penulis Winda Hartati bisa dihubungi melalui email windahartati12@yahoo.co.id.

Perkembangan ekonomi dewasa ini memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pola bisnis dan sikap para pelakunya. Terutama dalam hal investasi, baik investasi dalam negeri maupun investasi asing yang mengakibatkan terjadinya cross border transaction. Selanjutnya sebagai perusahaan yang berorientasi laba, maka sudah tentu perusahaan akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal melalui berbagai macam cara, termasuk melalui efisiensi biaya. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan tindakan transfer pricing.

Undang – Undang Perpajakan menyebut istilah transfer pricing dengan transaksi antar pihak yang memiliki hubungan istimewa. Hal ini sebagaimana yang di atur dalam pasal 18 ayat (4) UU No.36 tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan. Transaksi antar pihak yang mempunyai hubungan istimewa tersebut dapat  mengakibatkan terjadinya pengalihan penghasilan, dasar pengenaan pajak atau untuk merekayasa besarnya biaya oleh wajib pajak.

Hipotesis Penelitian

H1. Tax minimization berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing
H2. Tunneling incentive berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing
H3. Mekanisme bonus berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan data sekunder, yakni data dari laporan keuangan pada tahun 2012. Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia kecuali perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik. Teknik tersebut digunakan karena variabel terikat dalam penelitian ini yaitu transfer pricing bersifat dikotomus atau merupakan variabel dummy.

Definisi Operasional Variabel

Tax minimization merupakan strategi untuk meminimalkan beban pajak terutang melalui
tindakan transfer biaya dan ahirnya transfer pendapatan ke negara dengan tarif pajak rendah. Tax
minimization dalam penelitian ini diproksikan dengan effective tax rate yang merupakan perbandingan
tax expense dikurangi differed tax expense dibagi dengan laba kena pajak.

Pages ( 1 of 3 ): 1 23Next »

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.