Penanaman Modal Asing (PMA)….




ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PMA DI DIY

ABSTRAK

Penanaman modal asing merupakan salah satu sumber dana dan jasa pembangunan di negara sedang berkembang seperti Indonesia. Kebijakan-kebijakan pemerintah baik deregulasi di sektor riil maupun di sektor moneter mendorong adanya peningkatan investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Meningkatnya penanaman modal asing ini tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor ekonomi.

Dalam penelitian ini akan diamati sejauhmana pengaruh faktor ekonomi yang meliputi suku bunga internasional, tingkat inflasi di Indonesia, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), fasilitas (prasarana) dari pemerintah, penanaman modal asing periode sebelumnya maupun krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1998 terhadap penanaman modal asing daerah khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sumber data diperoleh dari instansi pemerintah baik itu Bank Indonesia, BPS DIY, BAPEDA DIY dan KIMPRASWIL DIY.

Berdasarkan analisis data dengan bantuan software SPPS 11,5 dan metode regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi penanaman modal asing di DIY adalah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), fasilitas (prasarana) dari pemerintah, penanaman modal asing periode sebelumnya dan krisis ekonomi tahun 1998. Sedangkan faktor yang tidak signifikan mempengaruhi penanaman modal asing di DIY adalah suku bunga internasional dan tingkat inflasi di Indonesia.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.