Penelitian Realita Implementasi Akuntansi




Gambar Skema Coaching Akuntansi
Gambar Skema Coaching

Penelitian ini dilakukan oleh Hariyani Ratu Handayani, Cornelius Rantelangi dan Dhina Mustika Sari dari Universitas Mulawarman yang berjudul “Coaching Akuntansi Sederhana dan Studi Pemahaman Pelaku UKM: Realita Implementasi Akuntansi“.

Sampel dari penelitian ini adalah penenun Sarung di Kalimantan Timur. Penelitian ini diawali dengan adanya pelatihan dan bimbingan terhadap penenun. Metode informal, interaksi aktif dengan penenun, dan berkelanjutan dipilih untuk dapat meningkatkan kualitas transfer ilmu. Kondisi pemahaman penenun sebelum dan sesudah coaching kemudian diukur secara kualitatif melalui studi fenomenologi, untuk dapat ditelaah apakah terdapat perbedaan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi mengenai pemahaman penenun sebelum dan sesudah dilakukannya coaching akuntansi sederhana. Output dari penelitian ini diharapkan mampu menjadi dasar bagi penetapan standar akuntansi sederhana untuk UKM dan metode pembelajaran yang tepat bagi klaster usaha di level ini.

Penelitian ini menggunakan model Bogdan dan Taylor dengan format desain deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi.

Hasil penelitian ditunjukkan melalui gambar berikut:

Perbandingan Pemahaman Akuntansi Sebelum dan Sesudah Coaching
Perbandingan Pemahaman Akuntansi Sebelum dan Sesudah Coaching
Pages ( 1 of 3 ): 1 23Next »

2 pemikiran pada “Penelitian Realita Implementasi Akuntansi”

  1. Hallo, kenalkan saya hariyani ratu, which is yg buat penelitian yg anda jabarkan d blog ini.. Really happy that my research can be helfull for other.. Nice to see this 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.