Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pengetahuan tentang Manajemen Biaya Terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dengan Kinerja Manajerial




Simposium Nasional Akuntansi (SNA) 16 ManadoJudul Jurnal (SNA XVI) :

“Pengaruh Kepuasan Kerja dan Pengetahuan tentang Manajemen Biaya Terhadap Hubungan antara Partisipasi Anggaran dengan Kinerja Manajerial”
Penulis : ARIA FARAHMITA

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat manajer biaya manajemen pengetahuan dan kepuasan kerja terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial .

Penelitian ini menggunakan kerangka teoritis kinerja individu yang mengklaim bahwa kinerja individu dipengaruhi oleh tiga dimensi kinerja yang berinteraksi satu sama lain, yaitu dimensi peluang ( anggaran partisipatif ) , dimensi kapasitas ( biaya manajemen pengetahuan ) dan dimensi kemauan ( kepuasan kerja ) .

Hipotesis diuji dengan menggunakan model regresi multivariat yang mencakup interaksi ketiga variabel ( 3 way interaksi ) antara partisipasi anggaran , biaya manajemen pengetahuan dan kepuasan kerja untuk menguji pengaruhnya terhadap kinerja manajerial . Penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran yang diberikan kepada manajer dengan pengetahuan manajemen biaya yang lebih tinggi dan kepuasan kerja yang lebih tinggi , tidak berdampak terhadap kinerja manajerial mereka. Variasi kinerja manajerial dapat dijelaskan oleh dua dimensi .

Berdasarkan pengujian kami , temuan ini konsisten bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial . Uji lanjut menunjukkan bahwa kinerja manajerial akan meningkat bila partisipasi anggaran dikombinasikan dengan pengetahuan tingkat tinggi manajemen biaya atau bila partisipasi anggaran dikombinasikan dengan kepuasan kerja yang tinggi (2 arah interaksi ) .

Pages ( 1 of 4 ): 1 234Next »

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.