Pengaruh Nilai Personal Terhadap Budgetary Slack




Penelitian mengenai Pengaruh Nilai Personal Terhadap

Budgetary Slack
Budgetary Slack

ini dilakukan oleh Lisa Martiah Nila Puspita dan Rifaatul Khoiriyah dari Universitas Bengkulu, serta Lukluk Fuadah dari Universitas Sriwijaya.

Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhi Budgetary Slack dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor eksternal dan faktor internal individu. Di antara faktor internal yang dimaksud adalah nilai personal.

Nilai-nilai personal memberikan efek terhadap pertimbangan penalaran moral yang menyebabkan individu merespon secara berbeda terhadap berbagai situasi. Tinggi rendahnya nilai personal yang dimiliki individu akan mempengaruhi besar kecilnya slack yang terjadi. Salah satu hasil riset mereka menunjukkan bahwa slack semakin besar tercipta saat individu memiliki nilai personal yang cenderung mendahulukan kepentingan pribadi. Hal ini disebabkan karena individu condong akan berfikir mengenai kepentingan dirinya saja tanpa peduli akan dampak yang terjadi akibat perilaku tersebut.

Penelitian kali ini menggunakan instrumen yang mengukur Budgetary Slack yang sesungguhnya diciptakan, dan bukan berdasarkan persepsi atau kecenderungan ingin melakukan semata sebagaimana halnya dilakukan oleh banyak peneliti terdahulu. Instrumen yang digunakan mengacu pada instrumen Steven (2002) yang dinilai dari hasil tugas yang didesain oleh Puspita, (2014) yang merupakan modifikasi instrumen yang dibangun oleh Drake, et al., (2007). Instrumen tersebut berupa tugas menerjemahkan sandi huruf ke dalam angka dan melakukan kalkulasi seperti halnya yang biasa dilakukan oleh seorang akuntan.

Pages ( 1 of 4 ): 1 234Next »

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.